facebook

Minamas Bagi-Bagi Beasiswa Rp5,79 M

JAKARTA - Sebanyak 72 mahasiswa mendapatkan beasiswa dari anak perusahaan Sime Darby, PT Minamas Gemilang (Minamas) dengan total Rp5,79 miliar. Mengacu pada tahun lalu, besaran beasiswa yang diberikan serta jumlah mahasiswa penerima beasiswa ini mengalami peningkatan 27 persen.  

Hal ini dilakukan karena Minamas ingin menjangkau lebih banyak lagi mahasiswa berprestasi di Indonesia, terutama mereka yang tengah menimba ilmu di universitas di luar wilayah Jawa. Tahun lalu, beasiswa senilai Rp4,61 miliar diterima oleh 55 mahasiswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan tingkat diploma serta sarjana di berbagai universitas terpilih di Indonesia.

Bahkan, untuk membangun kesadaran publik akan program beasiswa ini, sosisaliasi dilakukan dengan lebih gencar termasuk di antaranya melakukan proses wawancara di luar Jakarta. Chairman Sime Darby yang juga merupakan Komisaris Utama PT Minamas Gemilang (Minamas) dan PT Anugerah Sumber Makmur Tun Musa Hitam menyebut, program beasiswa ini merupakan komitmen mereka terhadap pendidikan dan pengembangan generasi muda yang berbakat.

"Banyak dari Anda yang telah menghadapi banyak rintangan dalam upaya perjalanan Anda, namun jangan pernah membiarkan halangan tersebut meredam rasa haus Anda akan pengetahuan untuk mencapai cita-cita. Dengan bantuan dan dukungan yang diberikan oleh Minamas, kami yakin para mahasiswa-mahasiswi ini memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi generasi pemimpin masa depan bagi perusahaan kami,” ujar Tun Musa, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (16/10/2012).

Head of Plantations Upstream Indonesia PT Minamas Gemilang Mohd Ghozali Yahaya menambahkan, sebagai salah satu sektor swasta pihaknya dapat memainkan peranan penting dalam meningkatkan pendidikan tinggi di Indonesia. "Perusahaan seperti kami yang telah berkembang dengan semakin banyak karyawan, harus berperan dalam mengedukasi generasi muda negara ini. Hal ini akan berdampak positif bagi masa depan ekonomi kita,” ungkap Mohd Ghozali.

Pada kali keempat ini, program beasiswa tersebut telah dialokasikan sebesar Rp3,1 miliar telah diserahkan kepada 52 mahasiswa untuk mempelajari bidang perkebunan, akuntasi, dan teknik di sembilan universitas terpilih. Sementara sisanya diberikan kepada anak-anak karyawan Minamas serta anak-anak dari sekolah sekitar wilayah operasional Minamas untuk mempelajari bidang perkebunan dan akuntansi.

Para mahasiswa-mahasiswi yang mendapatkan beasiswa ini akan memperoleh jaminan kerja dengan Minamas setelah mereka menyelesaikan studi mereka dengan nilai yang memuaskan. Program beasiswa penuh ini mencakup uang sekolah, biaya hidup, tunjangan buku dan skripsi, satu kali tunjangan komputer, serta biaya kelulusan.

Sebagian besar penerima beasiswa ini memiliki latar belakang ekonomi yang kurang berkecukupan, dengan pendapatan keluarga berkisar antara Rp500 ribu-Rp 5 juta per bulan. Meski kondisi keuangan keluarga mereka pas-pasan, namun prestasi mahasiswa penerima beasiswa ini tidak main-main.

Salah satunya adalah Fazlur Rahman Lubis, mahasiswa jurusan perkebunan di Universitas Tanjungpura di Pontianak, Kalimantan. Pemuda yang berasal dari Medan ini terpaksa tinggal di musholla kampus akibat hambatan biaya. Namun, hal ini terbayar dengan prestasi akademis Fazlur yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,91 serta aktif berpartisipasi dalam beberapa organisasi kampus.

Selain Fazlur, Firmansyah Hermanto dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta juga dapat menjadi contoh pemuda yang patut diteladani. Berkat prestasi akademiknya yang konsisten, dia menerima beberapa penghargaan seperti Duta Pertanian untuk UGM, Duta Pariwisata Kabupaten Magelang 2010, serta menjadi pemenang ketiga di Olimpiade Sains dan Teknologi Nasional untuk tingkat universitas di Yogyakarta pada 2010.

1 komentar: