Mari Cermati Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional 2013

sumber: http://edukasi.kompasiana.com/2012/09/22/mari-cermati-kisi-kisi-soal-ujian-nasional-2013/
Menyambung tulisan saya sebelumnya tentag Ujian Nasional 2013 yang berjudul “UN 2013 Semakin Susah?“, kali ini tulisan saya akan membahas sedikit tentang persiapan Kemdiknas atau para guru dalam menghadapi Ujian Nasional. Apa saja yang dipersiapkan oleh para petinggi di Kementerian Pendidikan dan Budaya serta persiapa apa yang harus dilakukan oleh para guru di sekolah.
Di bulan depan, menurut kabar dari Kompas Edukasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dipimpin oleh M. Nuh rencananya akan mensosialisasikan kisi-kisi Soal Ujian Nasional 2013. Pada saat ini, Kemdikbud sedang menggodok konsep kisi-kisi soal tersebut yang selanjutkan akan dikoordinasikan dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Berbeda dengan tahun yang menyelesaikan penyusunan kisi-kisi soal pada akhir bulan Nopember, Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud menargetkan akan menyelesaikan kisi-kisi soal ujian nasional sebulan lebih awal. Hal  itu dilakukan dengan pertimbangan bahwa Ujian Nasional 2013 akan menggunakan 20 paket soal, sehingga menuntut persiapan yang lebih. Namun tidak serta merta Balitbang dapat mensosialisasikan kisi-kisi soal itu setelah selesai nanti, karena mereka harus mendapat “restu” dari BSNP yang merupakan badan yang bertanggung jawab besar pada pelaksanaan UN 2013. Karena, secara teknisnya Kemendikbud hanya berwenang memberikan konsep atau draft kisi-kisi UN 2013 saja. Setelah disetujui BNSP, nantinya masyarakat dapat mengunduh atau download kisi-kisi soal Ujian Nasional 2013 di situs Kemdiknas.
Dikatakan bahwa bahwa pembuatan soal-soal UN 2013 akan merujuk pada kisi-kisi yang bakal disosialisasikan; rancangan ini bertujuan agar tercipta kesinambungan antara kisi-kisi UN dengan soal yang akan diujikan. Dengan demikian, para peserta UN tak akan kaget saat menghadapi ujian. Dengan demikian, diharapkan para guru di sekolah yang mengampu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional 2013 untuk mencermati kisi-kisi ini nantinya setelah disosialisasikan. Dengan mencermati kisi-kisi soal UN 2013 ini guru dapat menganalisis metode belajar yang tepat buat siswa dan mengfokuskan materi sebagaimana yang digariskan dalam kisi-kisi tersebut. Siswa juga tidak perlu tegang dan khawatir hingga berujung stress dalam menghadapi UN karena pengalaman yang pernah terjadi jenis soal mirip, atau bahkan sama persis, dengan yang ada di kisi-kisi tersebut.
Sekolah pun tidak perlu menggunakan cara-cara yang justru mengotori arti pendidikan itu sendiri dengan membocorkan kunci jawaban atau pun bentuk kecurangan lainnya. Bukankah salah satu arti penting dalam pendidikan itu adalah nilai-nilai kejujuran. Janganlah karena keperluan untuk lulus 100% yang selama ini menjadi salah satu komponen yang dikomersilkan dalam dunia sekolah membuat baik guru atau sekolah berbuat kecurangan selama pelaksanaan UN 2013 nantinya. Akhir kalimat, cermati dan manfaatkanlah kisi-kisi soal Ujian Nasional 2013 sebaik mungkin tanpa harus berbuat curang.

1 komentar: